Cara Pinjem Duit ke Temen yang Baik dan Benar

Cara Pinjem duit ke temen

Bagaimana cara pinjem duit ke temen yang baik dan benar? Inilah cara-cara yang baik dan benar saat ngutang ke temen.

Kenapa harus pinjem duit?

Ada pepatah lama bilang gini “hidup itu berputar kaya roda, kadang di atas kadang di bawah”. Ya aku setuju sama pepatah itu karna memang itulah hidup, kadang kita di atas dan ada waktunya kita di bawah.

Dan saat posisi kita lagi susah atau lagi di bawah, ga jarang juga kita bener-bener kepepet butuh sesuatu. Semua karena jaman sekarang serba duit duit duit dan duit, ada kalanya kita bener-bener butuh yang namanya duit.

Lalu karena kita hidup di jaman yang semuanya serba duit, ga heran kalau duit menjadi hal yang sensitif. Bahkan ga jarang hubungan pertemanan yang udah terjalin lama bisa rusak karena duit. Bukan hanya hubungan pertemanan aja sih, bahkan keluarga pun bisa rusak karena masalah duit.

Jadi saran ku ga usah pinjem duit ke temen kalo ga kepepet banget, Inget nih pertemanan itu mahal cuy!

Kemana harus pinjem duit?

Sebenernya ada banyak banget pilihan tempat atau orang yang bisa minjemin kita duit, antara lain:

Minjem duit ke keluarga

Keluarga sebenernya adalah lingkaran lapis pertama di sekitar kita yang bisa bantu kita pas kita lagi kepepet. Ada pro dan kontra kalau minjem duit ke keluarga. Positif nya tuh kalo kita agak seret pas lunasin utang kita, mereka mungkin lebih bisa memaklumi karena toh sama keluarga sendiri.

Tapi negatif nya ya gitu di sindir, nyinyir, atau bisa paling parah ya di suruh-suruh. Dan kita ga enak buat nolak karena kita merasa berhutang ke mereka. Contoh nya nih, aku lagi butuh duit buat bayar sewa kos, dan kebetulan lagi belum ada duit. Yaudah aku pinjem ke supupu deh, eh tapi dia minta tolong ini dan itu yang sebenernya bikin kita repot. Tapi karena ga enak yaudah kita terpaksa lakuin yang dia mau.

Minjem duit ke pinjol

Nah ini solusi yang akhir-akhir ini jadi trend di negara kita tercinta. Pinjol atau singkatan dari pinjaman online. Syarat mudah, cepat, dan praktis. Tapi menurutku pribadi minjem duit ke pinjol mending dijadiin opsi kesekian deh.

Karena selain bunga nya yang gila-gilaan, minjem duit di pinjol itu agak beresiko buat kedepanya. Ya kalian pasti udah sering denger lah keluh kesah orang-orang yang minjem duit di pinjol. Jadi mending pikir lebih matang lagi sebelum pinjem duit ke pinjol ya cuy.

Minjem duit ke bank

Kalo minjem duit ke bank itu menurutku pribadi lebih aman daripada ke pinjol. Tapi kita ga bisa pinjem duit ke bank kalo jumlahnya kecil cuy. Dan jangan lupa pinjem duit ke bank itu butuh jaminan juga. Biasanya sih bpkb kendaraan pribadi.

Jadi kalo minjem duit ke bank buat kebutuhan sehari-hari sih kayaknya ga cocok ya cuy. Lebih cocok buat usaha atau investasi properti misalnya. Dan minjem duit di bank itu selain syarat nya agak banyak, proses nya pun agak lumayan lama. Makanya minjem duit di bank itu agak kurang cocok buat yang lagi kepepet banget.

Minjem duit ke temen

Minjem duit ke temen bisa jadi solusi yang paling masuk akal cuy, tapi kudu hati-hati ya. Kalo minjem karena beneran kepepet sih ga masalah dan tetap harus bertanggung jawab lunasin, tapi kalo minjem duit nya buat hura-hura sih mending ngepet aja.

Ada pro dan kontra minjem duit ke temen, apalagi kalo cara pinjem duitnya ke temen yang udah akrab banget. Biasanya yang namanya temen bisa lebih paham karena mungkin dia juga pernah di situasi yang sama gitu. Sama-sama pernah kepepet.

Tapi resiko kalo kita ga tanggung jawab buat lunasin ya kita bakal kehilangan kepercayaan dari temen kita gitu. Selain bikin nama kita jelek, ga lunasin hutang juga sebenernya bakal ngerugiin kita. Karena lama kelamaan ga ada lagi orang yang bisa percaya sama kita gitu.

Etika pinjem duit ke temen

Ini perlu diinget dan dilakuin ya cuy. Yang namanya pinjem duit ke temen itu ada etika nya. Jadi ini bisa jadi masukan buat orang-orang yang baca ini kalo misal mau pinjem duit atau malah ngerasain duitnya dipinjem sama temen.

Jujur

Yang pertama adalah kejujuran. Ketika pinjem duit itu jujur aja duitnya mau dipake buat apa gitu. Karena terkadang orang kasih pinjam kita duit tuh karena ingin menolong. Tapi jangan bilang nya buat kebutuhan tapi aslinya dipake buat hura-hura ya cuy. Itu ga berkah.

Tanggung jawab

Trus yang kedua itu tanggung jawab. Ya setiap ngutang, entah berapapun jumlahnya, kepada siapapun kita minjem nya, namanya utang ya tetep utang. Jadi kita harus tanggung jawab sama utang kita. Selalu usahakan lunasin utang kita tepat waktu. Jangan janjinya abis gajian di lunasin tapi pas udah gajian pura-pura amnesia.

Menghargai

Lalu yang terakhir menghargai. Jangan karena udah temenan lama trus kita bisa seenaknya minjem uang tanpa tau keadaan temen kita. Kita juga harus menghargai kalo misal temen kita lagi ga punya duit buat dipinjemin ke kita. Apalagi pake segala bilang ga peduli sama temen atau sekarang udah kaya jadi lupa temen.

Ga gitu konsepnya cuy! Kita ini minta pertolongan bukan malak jadi tetep sopan santun harus dijaga walaupun sedeket apapun kita sama temen yang kita mintain tolong. Jadi pinjem duit pun harus ada cara dan etikanya.

Intinya sebaiknya kita usaha dulu sebelum minjem duit. Lebih baik ngirit daripada ngutang gitu cuy. Kecuali ya kalo emang udah kepepet banget ya. Jadi balik lagi ke diri kita masing-masing, apapun yang terjadi yang penting kita bisa bertahan hidup tapi inget juga kalo bertahan hidup dengan ngutang juga sama aja ga baik.

Leave a Reply