6 Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi di Palembang

6 Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Palembang

Kota Palembang merupakan kota tertua di Indonesia dengan yang berumur saat ini 1.341 tahun. Kota yang sudah ada sejak Zaman Kerajaan Sriwijaya tahun 682 M. Kota Palembang merupakan kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Medan.

Dengan usia yang sudah lama tersebut, kota yang sering dijuluki kota pampek ini banyak sekali tempat tempat wisata prasejarah dan wisata menarik lainnya yang dapat dikunjungi.

Yuk kita tengok apa saja wisata yang wajib dikunjungi saat di Kota Palembang

Jembatan Ampera

Jembatan amanat penderitaan rakyat atau yang disebut dengan Jembatan Ampera merupakan ikon kota Palembang yang terkenal, jembatan penghubung antara daerah seberang ulu dan seberang ilir yang dipisahkan oleh sungai Musi.

Jembatan Ampera merupakan tempat yang sangat menarik untuk berfoto-foto, pada malam hari banyak lampu yang akan menghiasi jembatan sehingga tampak lebih menarik juga. Selain tempat untuk berfoto disekitar Jembatan Ampera juga banyak tempat wisata lain dan kuliner Palembang.

Taman Via Cruris Suka Moro

Salah satu tempat yang dapat menjadi agenda saat berlibur ke Palembang. Taman doa Via Cruris Sukamoro merupakan tempat wisata religi umat Kristiani. Di dalamnya ada 14 perhentian jalan salib mulai dari tempat Yesus menerima hukuman mati sampai ke Gereja Makam Kudus yang di jelaskan dengan menggunakan patung yang menyerupai.
Taman Doa Via Cruris Sukomoro berlokasi di Desa Sukomoro, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Jarak dari pusat kota Palembang sekitar 20 km. Tempat ini buka untuk umum setiap hari dari jam 08.00-20.00 dengan membayar sukarela.

Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak merupakan salah satu peninggalan Belanda di Palembang yang masih ada hingga saat ini. Taman Kambang Iwak berlokasi di Antara Jalan Tasik dan Jalan SutomoKota Palembang. Taman yang terletak ditengah Kota Palembang ini dilengkapi dengan danau, tempat nongkrong yang asri, jogging track, permainan anak dan jembatan. Tempat yang cocok untuk rekreasi keluarga. Banyak juga wisata kuliner yang dapat kita jumpai di Taman Kambang Iwak dan terbuka untuk umum.

Pada malam hari suasana taman akan lebih menarik karena lebih banyak lampu-lampu yang menghiasi taman disetiap sudutnya. Lain lagi jika datang pada akhir pekan, semakin seru karena menjadi lokasi car free day dan pastinya lebih banyk pedagang yang akan datang.

Pulau kemaro

Pulau Kemaro merupakan pulau bersejarah yang sudah ada sejak Kerajaan Sriwijaya yang erat kaitannya dengan kisah puteri dari kerjaan Sriwijaya dan putra Kerajaan Tiongkok, dari legenda itulah muncul sebuah Pulau yang dikenal dengan sebutan Pulau Kemaro, yang artinya Kemarau (pulau yang tidak pernah terendam air walaupun arus gelombang air sungai Musi sedang pasang). Jarak Pulau Kemaro sekitar 6 Km dari jembatan Ampera.

Untuk menuju pulau kemoro kita harus naik transpotasi getek yang berada di bawah jembatan Ampera dengan biaya Rp200.000/ orang sudah termasuk ongkos pulang pergi dan jasa tunggu. Daya tarik wisata sejarah yang ada di pulau Kemaro berupa adanya peninggalan-peninggalan sejarah (Pagoda berlantai 9, Makam putri Sriwijaya, Klenteng Hok Tjing Rio, Kuil Buddha, pertunjukkan kesenian, dan ritual keagamaan khususnya umat Tridharma).

Gunung Dempo

Gunung Dempo terletak di kota Pagaralam, dengan jarak tempuh darat sekitar 7 jam dari Palembang, ibu kota provinsi Sumatra Selatan yang berjarak sekitar 300km dari pusat kota Palembang, atau membutuhkan waktu sekitar 8 jam perjalan darat. Gunung Dempo merupakan puncak tertinggi di wilayah Sumatera Selatan.

Gunung dempo memberikan pemandangan yang indah. Hamparan ladang petani dan kebun teh yang sangat luas dan memanjakan mata, suasana yang asri membuat kita merasa relaks. Selain itu di Gunung Dempo banyak sekali fasilitas penginapan berupa rumah singgah dan villa dengan harga sewa yang relatif terjangkau. Serta ada juga fasilitas yang menyediakan tempat untuk glamping.

Air terjun bidadari

Air Terjun Bidadari berada di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Kira-kira berjarak 231 km dari kota Palembang. Air terjun ini adalah air terjun tertinggi di aliran Sungai Asam, ketinggiannya adalah sekitar 30 meter dan lebar atasnya sekitar 10 meter serta lebar bawahnya sekitar 15 meter. Dinamakan Air Terjun Bidadari karena konon katanya air terjun ini tempat mandi para bidadari. 

Air terjun Bidadari ini selain pemandangan nya yang sangat indah untuk menjadi tempat berfoto-foto, kita juga dapat berenang di bawah air terjun dan menikmati pemandangan yang indah disekitar air terjun. Suara air terjun yang mengalir juga dapat membuat tubuh kita menjadi relaks, sehingga suasana hati kita dapat menjadi tenang.

Untuk dapat menikmati keindahan alam ini kita hanya perlu mengeluarkan uang Rp.5000 untuk tiket masuk dan uang parkir Rp10.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk motor. Jam operasional Air terjun Bidadari adalah 08.00-16.00 WIB.

Itulah 6 wisata di Palembang yang wajib dikunjungi saat anda di Palembang. Bagiamana, wisata palembang mana dulu yang ingin kalian kunjungi?

Masih juga banyak tempat wisata di Palembang yang lain nya yang sangat menarik dan wajib dikunjungi dan ada juga wisata kuliner yang wajib di coba saat anda berkunjung di Palembang.

Leave a Reply